Iklan

Ketua DPRD Batam, Nuryanto Berharap MTQH Kota Batam Makin Berkualitas

Jumat, Maret 01, 2024 WIB Last Updated 2024-03-19T18:07:56Z
Advertisement
Ketua DPRD Batam, Nuryanto bersama Wali Kota Batam, Muhammad Rudi saat menghadiri acara Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) ke-32 tingkat Kota Batam yang sedang berlangsung di Komplek Mega Techno City (MTC) Kecamatan Nongsa.

Batam, pelitatoday.com - Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto mengapresiasi pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an dan Hadis (MTQH) ke-32 tingkat Kota Batam yang sedang berlangsung di Komplek Mega Techno City (MTC) Kecamatan Nongsa.


Dia berharap lomba tersebut melahirkan qari’ dan qari’ah andal yang mampu berprestasi di tingkat lebih tinggi.


“Saya mewakili pimpinan dan anggota DPRD Kota Batam mengapresiasi pelaksanaan MTQH ke-32 ini. Kita harapkan MTQ ini semakin berkualitas sehingga menghasilkan peserta yang mampu berprestasi di tingkat lebih tinggi yakni MTQ tingkat provinsi dan bahkan tingkat nasional,” ungkap Nuryanto saat menghadiri pembukaan MTQH tersebut, Jumat (1/3/2024) malam.


Menurutnya, dengan semakin meningkatnya kualitas MTQ baik dari sisi pelaksanaan dan terutama penilaian, maka diharapkan akan menghasilkan peserta-peserta terbaik dari setiap cabang yang diperlombakan.


Dengan demikian, peserta yang dikirim ke MTQ tingkat seterusnya, akan semakin berpeluang meraih prestasi.


“Terlebih seluruh peserta adalah anak-anak Batam. Tentu ini suatu kebanggaan bila anak-anak kita semakin banyak yang mampu berprestasi di tingkat lebih tinggi. Memang saat ini prestasi anak-anak kita di bidang MTQ sangat membanggakan hingga level nasional, namun kita harapkan prestasi tersebut semakin meningkat dan bertambah jumlahnya,” harap Nuryanto.


Lebih jauh, pria yang akrab disapa Cak Nur itu melihat MTQ tersebut tidak hanya sebuah iven keagamaan tetapi juga budaya, dan ekonomi kreatif.


Hal itu dibuktikan dengan penampilan seni pada malam pembukaan yang disambut antusias masyarakat yang hadir, dan arena bazaar yang dipadati pengunjung.


“Banyak dampak positifnya dari MTQ ini. Salah satu yang utama itu adalah bagaimana dalam kehidupan ini kita selalu berpandukan pada nilai-nilai keimanan sehingga terwujud suatu budaya hidup yang bersendikan syara’, yang mana syara’ itu bersendikan kitabullah,” papar Cak Nur.


Pembukaan MTQH XXXII Tingkat Kota Batam Tahun 2024 berlangsung meriah di Kawasan Mega Techno, Kelurahan Batubesar, Kecamatan Nongsa.


Sekretaria Daerah Kota Batam Jefridin Hamid dalam laporannya, menyampaikan bahwa MTQH tahun ini akan diikuti sebanyak 564 peserta berasal dari 12 kafilah kecamatan se-Kota Batam.


Adapun, cabang yang akan dilombakan yakni Cabang Seni Baca Al-Qur’an, Cabang Qira’at Al-Qur’an, Cabang Hafalan Al-Qur’an, Cabang Tafsir Al-Qur’an, Cabang Fahmil Al-Qur’an. Selain itu, Cabang Syarhil Al-Qur’an, Cabang Seni Kaligrafi Al-Qur’an, Cabang Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an, Cabang Musabaqah Hadits Nabi, Cabang Eksibisi, dan Qasidah Rebana.


Untuk lokasi lomba, Arena Utama kawasan MTC golongan tartil, anak anak, remaja, tunet, dewasa, qiraat, qasidah rebana dan bazar. Kemudian, Masjid Nurul Hidayah Batu Besar golongan 1, 5 juz tilawah dan 10 juz, Masjid Tanjak golongan 20,30 juz, tafsir dan hadits.


Selanjutnya, gedung serba guna MAN IC cabang fahmil qur’an, gedung perpustakaan MAN IC cabang syarhil Qur’an, SMA N 3 Batam cabang kaligrafi, dan Sekolah Globe plus 3 cabang KTIQ.


Selain berbagai lomba, juga digelar bazaar, pameran UMKM dan berbagai pertunjukan seni budaya. (Ril)

Advertisement

  • Ketua DPRD Batam, Nuryanto Berharap MTQH Kota Batam Makin Berkualitas

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x