Iklan

Polresta Barelang Gelar Deklarasi Sukseskan Pemilu Damai

Rabu, November 22, 2023 WIB Last Updated 2023-11-22T06:46:58Z
Advertisement
Foto bersama Forkompinda Kota Batam.

Batam, pelitatoday.com - Dalam rangka mensukseskan Pemilu Damai 2024, Polresta Barelang Gelar Deklarasi Bersama FKPD, Parpol, KPU, Bawaslu, Toga, Tomas dan Toda Kota Batam Dalam Rangka Mensukseskan Pemilu Damai 2024 bertempat di Ballroom lantai 11 Hotel Da Vienna Kecamatan Lubuk Baja Kota Batam. Selasa (21/11/2023).


Kegiatan itu di hadiri oleh Walikota Batam diwakili Sekda Kota Batam, H. Jefridin M.Pd, Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto, S.H., M.H., Kapolresta Barelang Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, S.H., S.I.K., M.H, Ketua Pengadilan Negeri Batam Mashuri Effendie, S.H., M.H, Kepala Kejaksaan Negeri Batam (Herlina Setyorini, S.H., M.H, Dandim 0316 / Batam Letkol Inf Galih Bramantyo, S.E, Danyon Marhanlan IV Batam yang mewakili, Danlanud Hang Nadim Batam yang mewaklili, Kepala Pangkalan Bakamla Batam Kolonel Bakamla I Nyoman Armenthia, Danyon Rider 136/TS Batam yang mewakili, Danyon Marinir 10/SBY yang mewakili, Dandenpom 1/6 Batam yang mewakili, Danlantamal IV Batam yang mewakili.


Turut hadir juga Ketua KPU Kota Batam, Mawardi, Ketua Bawaslu Kota Batam yang diwakili, Ketua Kesbangpol Kota Batam, Riama Manurung, S.H., M.H., Ketua FKUB Kota Batam, Prof. Dr. Ir. H. Chablullah Wibisono, M.M, Ketua MUI Kota Batam Hj. Lukman Rifai, Ketua Muhammadiyah Kota Batam Ir. Emitzar Karyan, M.Ak, Tokoh Agama Hindu, Tokoh agama Konghucu, Darmaji, Ketua LAM Kota Batam yang mewakili, Ketua IKSB Kota Batam Akbp Purn Marion, Ketua IKABSU Kota Batam, Ketua IKBSS Kota Batam Rizan Nika Astaga, Ketua Permasa, Ketua paguyuban Ikawangi. Ketua Pasundan Kota Batam, Ketua IKB Kota Batam, Ketua IKMAL Kota Batam, Ketua IKKB Kota Batam, Ketua PNTT Kota Batam, Ketua DPC Parpol Seluruh Kota Batam.


Kapolresta Barelang Nugroho Tri Nuryanto dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk bekerja sama dalam menciptakan iklim politik yang sehat dan menghindari konflik atau tindakan melanggar hukum yang dapat mengganggu proses demokrasi.


“Kami TNI, Polri dan ASN bersifat netral dalam pemilu 2024," ucapnya, (21/11/2023).


Ketua KPU Kota Batam, Mawardi mengatakan Tltahapan strategis Pemilu sudah dilewati. Yang mana, pada tanggal 4 November 2023 KPU Kota Batam telah menetapkan daftar calon tetap legislatif. Sebentar lagi akan masuk dalam tahapan kampanye yang mana kegiatan ini sangat strategis kepada Parpol guna menunjukkan gagasan dan visi misi.


"Kami saat ini belum melaksanakan Deklarasi Pemilu Damai yang mana kita masih menunggu pimpinan kita dari pusat. Insyallah KPU RI akan melaksanakan Deklarasi pada tanggal 26 November 2023 di Gelora Bung Karno," katanya.


Sementara, Komisioner Bawaslu Kota Batam, Jazuli mohon maaf mengungkapkan bahwa pihaknya selaku pengawas pemilu berharap pesta demokrasi di Kota Batam berjalan aman dan kondusif.


"Kami berharap tidak ada saling berbenturan antar ras dan agama karena ini sangat berbahaya dalam pelaksanaan pemilu. Bawaslu Kota Batam berapresiasi kepada Kapolresta Barelang telah melaksanakan kegiatan Deklarasi pada hari ini guna menciptakan Pemilu yang sejuk damai dapat berjalan lancar," tegasnya.


Senada diungkapkan oleh Ketua FKUB Kota Batam, Prof. Dr. Ir. H Chablullah Wibisono, MM, mengucapkan terimakasih kepada Kapolresta Barelang yang telah menyelesaikan konflik di Kota Batam.


"Terdapat hal penting yang tertuang dalam deklarasi ini, yaitu pertama, memperkuat komitmen kebersamaan, kedua mengukuhkan gerakan moderasi beragama, menghindari segala bentuk ujaran kebencian dan berita bohong serta terakhir adalah berjanji untuk tidak menggunakan rumah ibadah sebagai tempat kampanye politik," tuturnya.


Terakhir, acara dilaksanakan dengan Deklarasi Damai FKPD Bersama KPU, Bawaslu, Toga, Tomas, Toda dan Parpol Kota Batam. ***

Advertisement

  • Polresta Barelang Gelar Deklarasi Sukseskan Pemilu Damai

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x