Iklan

KPU Umumkan 733 DCT Rebut Kursi Anggota DPRD Batam

Sabtu, November 04, 2023 WIB Last Updated 2023-11-14T02:52:48Z
Advertisement
Ketua KPU Batam, Mawardi.

Batam, pelitatoday.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Batam mengumumkan sebanyak 733 orang masuk daftar calon tetap (DCT) anggota DPRD Kota Batam dari 17 partai peserta Pemilu 2024.

 

"Kami sudah melakukan proses pleno penetapan pada tanggal 3 November, dan terdapat 733 calon anggota legislatif," kata Ketua KPU Kota Batam Mawardi di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu. (4/11/23).

 

Penetapan DCT tersebut, kata dia, didasari dari daftar calon sementara yang sebelumnya sudah masuk ke KPU Batam dengan jumlah yang sama.

 

Dari DCT yang sudah ditentukan tersebut, ada 16 bakal caleg yang sebelumnya sudah diganti oleh beberapa partai politik pada masa pencermatan rancangan DCT pada tanggal 24 September sampai dengan 3 November 2023 atau setelah DCS menuju DCT.

 

Dari enam daerah pemilihan (dapil) di Kota Batam, menurut dia, hanya satu dapil yang tidak terpenuhi.

 

"Semuanya hampir terpenuhi, hanya satu yang tidak, yakni Dapil V dari Partai Kebangkitan Nusantara (PKN)," kata dia.

 

Dari 17 partai yang terdaftar di KPU Kota Batam, ada 10 partai yang kuotanya lengkap sebanyak 50 orang.

 

Untuk keterwakilan perempuan dari setiap dapil, lanjut dia, juga sudah sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.


"Setelah kami akumulasi dari 17 partai politik, rata-rata keterwakilan perempuan itu sekitar 36,20 persen. Jadi, sudah melebihi dari aturan yang ditetapkan," katanya. 


Sumber: Antara

Advertisement

  • KPU Umumkan 733 DCT Rebut Kursi Anggota DPRD Batam

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x