Iklan

Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, HM Rudi; Mari Bersama Memajukan Indonesia

Sabtu, Oktober 28, 2023 WIB Last Updated 2023-10-29T15:16:59Z
Advertisement

WALI KOTA Batam H Muhammad Rudi (HMR), menyerahkan piagam penghargaan kepada unsur pemuda Kota Batam, usai menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95, Tingkat Kota Batam di Dataran Engkuputri, Batamkota, Sabtu (28/10/2023).

Batam, pelitatoday.com - Jiwa patriotisme atau semangat juang, sikap berani, pantang menyerah, dan rela berkorban demi bangsa dan negara, sangat penting dimiliki para pemuda.


Jiwa patriotisme inilah yang ditanamkan Wali Kota Batam H Muhammad Rudi, saat menjadi inspektur upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) Ke-95, Tingkat Kota Batam di Dataran Engkuputri, Batamkota, Sabtu (28/10/2023).


Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Tingkat Kota Batam itu juga dihadiri Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, serta semua elemen pemerintah, TNI-Polri, ormas pemuda, hingga pelajar.


Di kesempatan itu pun dibacakan Teks Keputusan Kongres Pemuda Indonesia 1928 oleh Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Batam Randi Zulmariadi.


Terakhir Rudi dan Jefridin, menyerahkan penghargaan kepada para pemuda Kota Batam yang dinilai berkontribusi bagi pembangunan.


Sebelumnya, Wali Kota sekaligus Kepala BP Batam ini membacakan amanat Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo, bahwa momentum Hari Sumpah Pemuda, mengingatkan bangsa Indonesia pada sejarah gotong royong elemen pemuda, yang berhasil menebar semangat jiwa patriotisme, sekaligus menyatukan visi kebangsaan dalam Sumpah Pemuda 1928.


“Dari sini melahirkan sebuah komitmen kebangsaan, yaitu bertumpah darah satu; tanah air Indonesia, berbangsa satu; bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan; bahasa Indonesia,” baca Rudi.


Untuk diketahui, Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023 mengusung tema: Bersama Majukan Indonesia, dengan logo HSP ke-95 yang bermakna membentuk stilasi barisan manusia yang menyimbolkan kolaborasi dan warna-warni, menunjukkan keanekaragaman suku, bahasa, dan budaya.


“Heterogenitas tersebut sebagai sumber kekuatan dalam memajukan Indonesia,” tegasnya.


Di akhir sambutan, Rudi menekankan untuk menjadikan peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 ini sebagai momentum membangkitkan semangat kolaborasi dalam memajukan negeri.


“Selamat memperingati Hari Sumpah Pemuda, mari bersama memajukan Indonesia, Kepulauan Riau, dan Batam,” ajaknya. (KB/PS)

Advertisement

  • Pimpin Upacara Hari Sumpah Pemuda, HM Rudi; Mari Bersama Memajukan Indonesia

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x