Iklan

G-HEC, Solusi Pencegahan Penyakit Kanker dan Jantung

Jumat, Oktober 13, 2023 WIB Last Updated 2023-10-13T10:35:50Z
Advertisement
Tim penemu G-HEC.

Jakarta, pelitatoday.com - Masalah mikroplastik telah menjadi isu penting dan mendorong munculnya berbagai inovasi baru yang ramah lingkungan. 


Salah satunya adalah Genjer Healthy Edible Cutlery (G-HEC), sebagai "Solusi Pencegahan Penyakit Kanker dan Jantung", sebuah terobosan inovatif yang menjanjikan solusi untuk mengurangi penggunaan sendok plastik sekali pakai. 


G-HEC merupakan sendok edible yang terbuat dari bahan-bahan alami dan dapat dimakan setelah digunakan. 


Hal tersebut disampaikan, ketua tim penemu  G-HEC, Kelvin Sianturi mewakili teman-temanya dalam keterangannya, Jumat (13/10/2023).


Dikatakan, G-HEC terbuat dari genjer, tepung terigu, sorghum, maizena, dan berbagai bahan organik lainnya. Genjer sendiri memiliki berbagai kandungan antioksidan yang baik dalam menangkal radikal bebas serta mengandung serat yang baik bagi kesehatan tubuh.


"Sendok edible G-HEC mampu bertahan hingga satu jam dengan pemakaian pada makanan basah dengan suhu normal dan 30 menit pada makanan hangat hingga panas," jelas mahasiswa IPB Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan tersebut.

Genjer Healthy Edible Cutlery (G-HEC).

Disebutkan, pemakaian pada makanan kering membuat sendok edible dapat bertahan hingga lebih dari satu jam. Produk sendok ebible G-HEC memiliki daya simpan hingga tiga bulan serta mampu terdegradasi atau terurai dalam waktu beberapa hari bila dibuang di lingkungan terbuka.


Proses pembuatan sendok edible G-HEC dimulai dengan persiapan bahan dan alat terlebih dahulu. Langkah selanjutnya yakni genjer, tepung terigu, sorghum, maizena dan bahan lainnya dicampur, diadon dan kemudian dicetak. Adonan yang telah dicetak kemudian dioven hingga matang. Produk G-HEC kemudian dikemas dan dipasarkan.


"Produk G-HEC diharapkan dapat menjadi solusi pencegahan dalam penggunaan alat makan plastik serta untuk mengajak masyarakat untuk lebih peduli pada isu lingkungan," katanya.


Penulis: Redaksi

Advertisement

  • G-HEC, Solusi Pencegahan Penyakit Kanker dan Jantung

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x