Advertisement

Iklan

Ini Pesan Kacabdis Usai Tinjau Kesiapan USK LSP SMK Kartini Batam

Selasa, Maret 07, 2023 WIB Last Updated 2023-03-07T06:33:59Z
Advertisement
Kacabdis Nor Muhammad (pakai peci) saat tinjau mesin Reuter di SMK Kartini Batam (dok: pelitatoday.com)

Batam, pelitatoday.com - Usai membuka pelaksanaan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) LSP Kartini Batam, Kepala cabang Dinas Pendidikan Kepri di Batam, Nor Muhammad langsung meninjau kesiapan TUK teknik pemesinan.


Program studi teknik pemesinan SMKS Kartini Batam,  telah resmi ditetapkan sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK) untuk pengujian sertifikasi teknisi pemesinan di Kota Batam oleh LSP  yang resmi terdaftar dalam Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP LSP 505 ID).


Selain itu, kunjungan kerja Nor juga untuk melihat secara langsung  ketersediaan sarana dan prasarana, serta kelengkapan lainnya yang menjadi syarat pengelolaan TUK.


Drs. Nor Muhmmad mengatakan bahwa, pelaksanan Uji Sertifikasi Kompetensi (USK) di SMK Kartini Batam berjalan dengan baik dan lancar. Kata Nor, Selasa (7/3/2023) pagi kepada wartawan di SMK Kartini Batam.


Ia mengapresiasi langkah kepala sekolahnya dalam melaksanakan USK/UKK sesuai amanat Permendikbud Nomor 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan SMK/MAK. Dimana, terlihat siswa sibuk dan serius mengikuti USK di laboratoriumnya sendiri. Nampak juga, TUK teknik kendaraan ringan sudah memenuhi standar serta laboratorium multimedia.


Kacabdis juga menegaskan bahwa USK harus mencapai tujuan utamanya yaitu; bisa mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh.


Dalam arahannya, Nor meminta sekolah nanti bisa memfasilitasi dengan dunia usaha/ industri dalam rangka penyaluran keahlian alumninya yang ingin langsung kerja.


Nor Muhammad juga memberikan motivasi dan semangat kepada para siswa untuk selalu berkarya, jika perlu menciptakan lapangan kerja.


“Saya berharap para siswa SMK ini dapat membuka usaha sendiri bukan kerja lagi. Saya melihat mereka sudah mampu dalam menciptakan lapangan kerja itu .Tetap lah semangat dalam berkarya, untuk menghasilkan karya yang inovatif, kreatif untuk disajikan kepada masyarakat,” pinta Nor. (R03)


Editor: Riky Mora 

Advertisement

  • Ini Pesan Kacabdis Usai Tinjau Kesiapan USK LSP SMK Kartini Batam

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x