Iklan

2,18 Triliun Anggaran Bakal Dilontarkan Merubah Bandara Hang Nadim Batam

Minggu, Januari 29, 2023 WIB Last Updated 2023-01-29T15:57:56Z
Advertisement
Bandara Hang Nadim Batam (dok; Humas BP Batam)

Batam, pelitatoday.com - Pembangunan dan renovasi Bandara Internasional Batam (BIB) Hang Nadim, Batam, Kepulauan Riau bakal dilakukan mulai bulan Juni 2023. BIB akan menggelontorkan Rp2,18 triliun untuk merenovasi terminal I dan membangunan terminal II. Sehingga dipastikan wajah Bandara Hang Nadim akan berubah lebih menarik, modern dan futuristik.


Menurut direktur Utama PT BIB, Pikri Ilham Kurniansyah, rencana tersebut sudah memasuki tahap konsep maupun desain. Terkait konsep untuk renovasi dan pembangunan terminal baru, Pikri mengatakan, pihaknya mengambil beberapa referensi dari Bandara Changi Singapura dan Korea.


“Kita sudah melihat konsep desain yang ada di Bandara Changi Singapura dan Korea. Artinya tahap renovasi akan dimulai tahun ini paling lambat Juni 2023,” kata Pikri dilansir dari laman Kabarmu.id, Jumat (27/1).


Rancangan ini nantinya, meliputi desain estika interior yang indah serta pelayanan yang terbaru.


“Pertama yang kita ke depankan tampilan fisik untuk estetika seperti bentuk atapnya, dan secara bertahap untuk area lainnya termasuk layanan,” terangnya.


Pikri melanjutkan, bagian atap nantinya akan menjadi perhitungan matang saat renovasi. Sebab bukan hanya melihat dari segi estetikanya saja, melainkan fungsional juga menjadi perhatian utama. Proyek ini bakal dikerjakan dalam kurun waktu 36 bulan, dengan nilai kontrak sebesar Rp2,18 triliun.


Renovasi terminal satu mengutamakan pada sisi interiornya secara, namun fisik bangunan tidak diubah total. Kemudian exterior tampak depan disesuaikan dengan rencana pembangunan terminal dua.


Lebih lanjut, untuk desain jauh lebih modern, futuristik, dengan mengadopsi potensi lokal yakni Batam, Kepri. Artinya kearifan lokal akan ditonjolkan .


“Bentuknya itu misalkan motif batik tradisional tapi untuk gambaran besarnya masih kita rencanakan. Sebenarnya kita ingin BIB menjadi ikonik kebanggaan warga Batam dan Kepri khususnya,” tutupnya. ***


Editor; Siburian

Advertisement

  • 2,18 Triliun Anggaran Bakal Dilontarkan Merubah Bandara Hang Nadim Batam

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x