• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Selamat Hari Lahir Pancasila, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

    Rabu, 01 Juni WIB Last Updated 2022-06-01T02:03:52Z

     

    Infografis Pemko Batam.

    Batam, pelitatoday.com - Wali Kota Batam Muhammad Rudi dan Wakil Walikota Batam Amsakar Achmad mengucapkan selamat memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2022.


    "Selamat memperingati Hari Lahir Pancasila," ucap Rudi. Hal yang sama juga disampaikan Wakilnya, Amsakar Achmad.


    Penetapan 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila sekaligus Hari Libur Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 24 Tahun 2016, lalu.


    Merujuk pada peristiwa saat Soekarno menyampaikan gagasannya pada Sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan (BPUPKI). Naskah pidato Soekarno, oleh mantan Ketua BPUPKI Dr. Radjiman Wedyodiningrat diberi tajuk “Lahirnya Pancasila”.


    Tahun ini tema yang diangkat yakni menggelorakan semangat kebersamaan. Tepatnya telah diumumkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) seiring Surat Edaran Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Nomor 4 Tahun 2022 tentang pedoman peringatan Hari Lahir Pancasila tahun 2022.


    Adapun tema yang dimaksud yaitu "Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia".


    Penetapan tema ini bersamaan dengan penetapan logo peringatan. Pada tema, tampak gambar dua telapak tangan yang bersatu memegang globe.


    Permukaan bagian atas globe terdapat simbol-simbol setiap sila dari Pancasila. Dari banteng, pohon beringin, bintang, rantai, padi dan kapas. Lalu, di sisi kiri dan kanan terdapat bendera merah putih yang berkibar. (MCB)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Selamat Hari Lahir Pancasila, Bangkit Bersama Membangun Peradaban Dunia

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x