• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    Dapat Apresiasi dari Komisi IV DPRD Kepri, Kepsek SMKN 5 Sampaikan Hal Ini

    Kamis, 12 Mei WIB Last Updated 2022-05-12T13:28:50Z

    Foto Kunjungan Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Kepri di SMKN 5 Batam. (Dok: Ist)

    Batam, pelitatoday.com - Pimpinan dan anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melakukan kunjungan ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 5 Kecamatan Sagulung, Kota Batam, Rabu (11/5/22).


    Kehadiran wakil rakyat itu sebagai kunjungan kerja (Kunker) yang membidangi Pendidikan, Kesehatan dan Kesejahteraan Rakyat. Dalam kunjungan tersebut, banyak hal yang ditemui soal perkembangan dan prestasi yang telah diraih oleh SMK Negeri 5 Kota Batam, sejak didirikan pada tahun 2010 lalu.


    “Sederet prestasi akademik telah diraih sekolah itu disamping sarana dan prasarana pendidikan yang sudah mengikuti perkembangan tekhnologi,” ujar Wirya Silalahi yang merupakan Politisi dari partai Nasdem kepada Telisiknews.


    Kehadiran DPRD Kepri ke SMKN 5 itu untuk memberikan memotivasi, dan berharap agar para tenaga pengajar tetap memberikan edukasi positif serta berinovasi untuk membentuk karakater peserta didik melalui kegiatan pengembangan tanggung jawab sosial di lingkungan sekitar.


    “Dihadapan para guru dan tenaga kependidikan, kami menyampaikan pesan agar sekolah senantiasa memiliki daya tarik serta dapat memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar,” ucapnya.


    Foto Kunjungan Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Kepri di SMKN 5 Batam. (Dok: Ist)

    Dalam kunjungan itu, komisi IV DPRD Kepri sangat mengapresiasi sekolah tersebut karena berhasil menjalin komunikasi serta bermitra baik dengan sejumlah perusahaan di Kota Batam. Sehingga lulusan sekolah tersebut dapat bekerja di perusahaan lokal maupun asing.


    “Berharap SMKN 5 Batam menjadi salah satu percontohan bagi sekolah menengah kejuruan lainnya di Kepri,” pungkasnya.


    Selain itu, Wirya silalahi juga mengapresiasi  tingginya keterserapan alumni  SMKN 5 di perusahaan-perusahaan manufacturing, shopyard dan oil and gas, Wirya Silalahi selanjutnya menyampaikan agar memperkuat BKK (bursa kerja khusus) yang ada di SMK, agar perusahaan dapat dengan mudah merekrut lulusan SMK melalui BKK.


    Sementara itu, Anggota DPRD Kepri, Sirajudin Nur juga mengapresiasi terkait prestasi SMKN 5 dalam menjalin kerjasama dengan perusahaan, hal tersebut perlu ditularkan ke Sekolah lain.


    "Agar keunggulan SMKN 5 dalam menjalin kerjasama dengan industri bisa ditularkan ke SMK- SMK lain di kepri, sehingga SMK di kepri bisa unggul dan lulusannya terserap di dunia industri," ungkapnya.


    Foto Istimewa.

    Sirajudin Nur juga berpesan kepada para guru  SMKN 5 Batam untuk selalu menanamkan akhlak budi perkerti kepada siswa-siswanya, dan menjadi role model bagi siswanya, dan tidak hanya mengajarkan IPTEK.


    Hal senada diungkapkan oleh Ririn dari Partai Gerinda, Ririn menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan terobosan untuk memberikan perhatian dalam menghidupkan kembali event olahraga Sekolah di Kepulauan Riau.


    "Agar membantu peralatan olah raga  khususnya bola voly ke semua SMK di Kota Batam, dan berjanji akan menghidupkan event2 olah raga di Kepri agar pembinaan olah raga bergairah kembali," katanya. 


    Pihaknya dari Komisi IV DPRD Kepri juga akan memperhatikan kekurangan guru kejuruan di SMKN 5 dan juga di SMK yang ada Kepri.


    Selain itu, Samproni dari Partai PDIP menyampaikan terkait perhatian terhadap kebutuhan SMKN 5 khususnya masalah pagar keliling sekolah, yang sampai saat ini masih dipagar dengan spandek.


    "Kita akan memperjuangan juklak dan juknis SPP di jenjang SMA dan SMK agar dalam penggunaanya sesuai standar Pergub Kepri dan tata kelola keuangan menjadi lebih baik, sehingga kepala sekolah lebih tenang dalam bekerja dan tidak ada yang tersandung masalah hukum" ujar Taufik dari Partai PKS.


    Sementara itu, Uba Ingan Sigalingging dari Partai Hanura menyampaikan perlunya upgrade kompetensi dan skill guru dengan mengadakan seminar dengan perguruan tinggi yang ada di Kota Batam.


    "Kejuruan guru agar di upgrade kompetensi dan skillnya dengan bekerjasama dengan industri baik, dengan magang guru atau mengundang praktisi industri untuk memberikan pelatihan dan juga agar bekerjasama dengan organisasi Alumni - alumni Perguruan tinggi yang ada di Batam. Jika guru kompeten maka lulusannya dan skillnya akan bagus dan akan diterima di dunia kerja," jelasnya.


    Kepala Sekolah SMKN 5 Kota Batam, Agus Sahrir, kepada media ini mengungkapkan pihaknya sangat bangga dan berterimakasih atas kunjungan pimpinan dan anggota Komisi IV DPRD Kepri di SMKN 5 Batam.


    "Atas kunjungan komisi IV ke SMK 5 Batam, kami sangat bangga dan berterima kasih," ungkap Agus kepada awak media ini.  Kamis (12/5).


    Foto Kunjungan Pimpinan dan Anggota Komisi IV DPRD Kepri di SMKN 5 Batam. (Dok: Ist)

    Agus menuturkan SMKN 5 mendapat perhatian khusus dari komisi IV DPRD Kepri, atas kemajuan yang dicapai dan prestasi siswa saat ini.


    "Komisi IV akan mengupayakan bantuan kepada SMKN 5, khususnya  pembangunan toilet, semenisasi jalan, pavling blok halaman workshop dan pagar sekolah," katanya.


    Selain itu, Agus menyampaikan menyambut baik terkait terobosan Komisi IV DPRD Kepri akan mendorong Disdik Kepri dan Gubernur menerbitkan juklak dan juknis tata kelola keuangan di SMA, SMK di Kepri, agar lebih akuntabel.


    Liputan : R03
    Editor    : Redaksi
    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Dapat Apresiasi dari Komisi IV DPRD Kepri, Kepsek SMKN 5 Sampaikan Hal Ini

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x