• Ikuti!

    - Advertisement -

    - Advertisement -

    Mencerahkan Informasi Anda

    Iklan

    - Advertisement -

    Presiden Joko Widodo Lantik Pimpinan Bawaslu Periode 2022-2027

    Selasa, 12 April WIB Last Updated 2022-04-12T12:20:00Z
    Foto Istimewa. (Dok: Setkab/Bawaslu)

    Jakarta - Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik lima pimpinan Bawaslu dan pimpinan KPU periode 2022-2027 di Istana Negara Jakarta, Selasa (12/4/2022). 

     

    Sebelum pengambilan sumpah jabatan, Presiden Jokowi mempertanyakan kesediaan calon anggota Bawaslu dan KPU terpilih untuk mengucapkan sumpah janji jabatan sesuai dengan agama masing-masing. 

     

    "Bahwa saya akan memenuhi tugas dan kewajiban saya sebagai anggota Komisi Pemilihan Umum, sebagai anggota Badan pengawas Pemilihan Umum dengan sebaik-baiknya sesuain dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada pancasila dan UUD 1945," kata Jokowi saat pengambilan sumpah jabatan anggota Bawaslu dan KPU periode 2022-2027 di Istana Negara.

     

    Kelima pimpinan Bawaslu terpilih periode 2022-2027 yakni Rahmat Bagja, Puadi, Totok Haryono, Herwyn Jefler H Malonda, dan Lolly Suhenty.

     

    Dari lima pimpinan terlantik Rahmat Bagja yang merupakan lulusan Utrecht University, Belanda ini adalah pimpinan Bawaslu periode 2017-2022. Lalu, Puadi lulusan program Doktoral Ilmu Politik di Universitas Nasional sebelumnya adalah anggota Bawaslu DKI Jakarta sejak 2017. 

     

    Selanjutnya Totok merupakan anggota Bawaslu Provinsi Jawa Timur sedangkan, Herwyn pria kelahiran Minahasa ini adalah lulusan Doktor Ilmu Lingkungan Universitas Brawijaya Malang yang juga anggota Bawaslu Sulawesi Utara sejak Tahun 2012. 

     

    Terakhir, srikandi satu-satunya yang terpilih di Bawaslu RI adalah Lolly Suhenty. Dia juga merupakan aktivis perempuan yang sebelumnya menjabat sebagai anggota Bawaslu Provinsi Jawa Barat sejak tahun 2018. 

     

    Sementara, tujuh anggota KPU terpilih yakni Hasyim Asy’ari, Mochammad Afifuddin,  Parsadaan Harahap, Yulianto Sudrajat, Idham Holik  August Mellaz, dan Betty Epsilon Idroos.

     

    Sebagai informasi, dalam Rapat Paripurna DPR ke-16 pada Jumat, 18 Februari 2022 mengesahkan lima anggota Bawaslu dan tujuh anggota KPU terpilih. ***


    Sumber : Bawaslu

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Presiden Joko Widodo Lantik Pimpinan Bawaslu Periode 2022-2027

    Berita Lainnya

    - Advertisement -

    Ads x