Iklan

Pelantikan dan Sertijab Esselon II dan III di Lingkungan Kejati Jabar Digelar

Rabu, Maret 09, 2022 WIB Last Updated 2022-03-09T07:04:03Z
Advertisement
Foto Istimewa. (Dok: Pribadi)

Bandung, pelitatoday.com - Bertempat di Aula R. Soeprapto kantor Kejaksaan Tinggi Jawa Barat, telah dilaksanakan acara pelantikan dan serah terima jabatan pejabat eselon II dan eselon III di lingkungan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Pelantikan dilakukan oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat,  Dr. Asep N. Mulyana dan turut dihadiri oleh Para Asisten, Kabag TU dan  para Koordinator. 


Adapun pejabat yang dilantik dan diambil sumpahnya yakni:

1. Didi Suhardi, SH. MH.yang dilantik menjadi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat;

2. Rachmad Vidianto, SH. MH. yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bandung 

3. Sugeng Sumarno, SH yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung;

4. Mia Banulita, SH. MH. yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Depok;

5. Ajie Prasetya, SH. MH yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Indramayu;

6. Dudi Mulyakusumah, SH. MM.  yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kuningan;

7. Erny Veronica Maramba, SH. M.Hum.  yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis;

8.  Daniel De Rozari, SH. M.H.Li. yang dilantik menjadi Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat;

9. Sandi Rozali Nursubhan, SH. MH. yang dilantik menjadi Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat;

10. Asvera Primadona, SH. MH. Yang dilantik menjadi Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.


Dalam acara pelantikan tersebut, Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat memberikan  beberapa arahan, di antaranya sebagai berikut, pelantikan dan serah terima jabatan 1 orang Wakajati, 6 orang Kajari dan 3 orang Koordinator merupakan salah satu langkah besar dalam penyegaran organisasi khususnya di wilayah hukum Kejaksaan Tinggi Jawa Barat;


Pengangkatan, penempatan, pengisian, dan alih tugas pejabat di lingkungan Kejaksaan yang dilakukan selama ini, adalah merupakan kebijakan organisasi sebagai bentuk dan upaya  penataan, pembenahan, perbaikan, penyempurnaan yang akan dilakukan secara berkelanjutan dan berkesinambungan dalam rangka pembinaan karier, penambahan wawasan, pengalaman dan kemampuan di samping sudah barang tentu  demi menjaga dan meningkatkan kinerja organisasi, maka penempatan seseorang dalam berbagai tempat dan jabatan dipastikan akan dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman yang lebih utuh, luas dan komprehensif, yang dengan demikian akan mampu mengemban tugas, menyelesaikan setiap masalah dan persoalan dengan tepat, benar dan baik, menjaga dan memenuhi amanah dan tanggung jawab  yang telah dipercayakan kepadanya.


Setiap alih tugas, mutasi dan promosi ditandai dengan diselenggarakannya prosesi dan acara pelantikan, penyumpahan dan serah terima seperti sekarang ini, hendaknya tidak sekadar dipandang sebagai sebuah rutinitas dan kegiatan seremonial belaka, tapi lebih dari itu harus dianggap sebagai pengingat bahwa tugas maupun jabatan yang diterima dan diserahkan adalah merupakan sebuah kepercayaan yang membawa konsekuensi tanggung jawab untuk diemban dan dilaksanakan sebagai sebuah amanah yang harus dijaga dan dilaksanakan dengan baik, diimbangi dengan kerja keras penuh kesungguhan, ketulusan, keikhlasan, kecintaan dan kejujuran agar tidak ternodai dan dicederai.



Hendaknya para pejabat yang baru segera mengenali, memahami dan mengerti apa yang menjadi lingkup tugas yang akan dijalankan dan dihadapi. Yang dengan bekal pengalaman dan kemampuan serta berbagai posisi dan tempat penugasan yang telah dilalui  selama ini  saya yakin semuanya akan dengan cepat dapat melaksanakan tugas masing-masing dengan mudah dan baik, hal  mana akan membantu  pimpinan saat harus membuat kesimpulan, menetapkan kebijakan dan membuat keputusan yang benar dan tepat berkenaan masalah dan persoalan yang sedang dihadapi dan diselesaikan.


Jabatan bukanlah kalkulasi menghitung untung rugi, melainkan sebuah amanah, kepercayaan dan juga kehormatan yang harus dijalankan dengan tulus, dengan baik dan penuh kesungguhan, menggunakan pikiran, ide-ide kreatif, dan inovatif guna mencapai hasil terbaik yang dapat membawa manfaat nyata. Sebagaimana pernah diingatkan oleh Proklamator kita Ir. Soekarno, bahwa ”Barangsiapa yang ingin memiliki mutiara harus ulet menahan napas dan berani terjun menyelami samudra yang sedalam-dalamnya.”


Bagi pejabat baru, tentu ini merupakan tantangan lebih dalam melaksanakan tugas dan wewenang sebagai pejabat dalam masa pandemi ini. "Yang saya harapkan perlu banyak inovasi, terobosan dan beberapa langkah lain agar program kerja dapat terlaksana dan bermanfaat bagi masyarakat Jawa Barat pada khususnya. Kepada pejabat lama, saya sampaikan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas kerja keras dan dedikasi selama ini, saya ucapkan selamat menjalankan tugas di tempat yang baru," katanya.


Disebutkan, pelantikan dan serah terima jabatan pejabat eselon II dan III di lingkungan Kejaksaan Tinggi Jawa Barat tersebut berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 171 Tahun 2022 tanggal 18 Februari 2022. Selamat bekerja, salam dan bahagia untuk kita semua. (RKS/RED).

Advertisement

  • Pelantikan dan Sertijab Esselon II dan III di Lingkungan Kejati Jabar Digelar

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x