Iklan

Sebanyak 85 Kepala Desa Terpilih Dilantik Bupati Humbahas

Rabu, Januari 05, 2022 WIB Last Updated 2022-01-05T11:05:46Z
Advertisement
Foto Istimewa (Dok; Demak S)

Dolok Sanggul, pelitatoday.com - Bupati Humbang hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE, melantik 85 Kepala Desa terpilih dari hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tanggal 22 November 2021 lalu di Humbahas.


Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan tersebut dilangsungkan di Aula Huta Mas Tano Tubu, dengan menerapkan protokol kesehatan. Rabu (05/01/2022).

 

Dalam sambutannya, Bupati mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada Kepala Desa yang terlantik. Dosmar berharap kepada 85 Kepala Desa yang baru saja dilantik hendaknya menumbuhkembangkan partisipasi dan peran serta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan dan pembangunan.


“Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan desa, dalam menjalankan tugas dan fungsi sebagai kepala desa harus teliti, cermat, bijaksana dan sesuai dengan aturan hukum. Selalu banyak belajar sehingga terhindar dari permasalahan jerat hukum,” tandasnya.


Dosmar juga menekankan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa dan sumber pendapatan dan kekayaan desa hendaknya dilakukan secara transparan dan akuntabel sesuai peraturan perundang-undangan.


“Perlu kami ingatkan, agar tidak pilih kasih kepada masyarakat desa, baik yang mendukung ataupun tidak mendukung pada pelaksanaan pilkades lalu, harus mampu merangkul dan bergandengan tangan dengan kepala desa yang kalah untuk tercipta keharmonisan ditengah-tengah masyarakat kita. Tetap mengedepankan silaturahmi dan menjaga kerukunan secara terus- menerus, jangan semena mena memberhentikan perangkat desa, tetap berpedoman kepada aturan hukum yang berlaku,” tambahnya.


Terakhir, Dosmar berharap, agar kades terpilih bekerja dengan sungguh sungguh dan penuh tanggung jawab, meningkatkan pelayanan publik yang lebih meningkat, kepala desa dan BPD merupakan mitra dan harus membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerjasama dalam penyelenggaraan pemerintahan.

 

“Bekerjasama dan memberdayakan perangkat desa sesuai dengan tugas dan fungsinya, sehingga pelayanan pemerintahan desa, pembangunan, pembinaan dan pemberdayaan terhadap masyarakat desa dapat terlaksana dengan baik, lancar dan tepat waktu, dan sekali lagi bekerjalah sesuai dengan aturan hukum yang berlaku, agar tidak terjerat hukum,” tutupnya. 


Turut hadir dalam pelantikan ini, Ketua DPRD Kab.Humbahas, Dandim 0210/TU, Kapolres Humbahas AKBP Achmad Muhaimin S.I.K.MH, Kajari Humbahas, Ketua PN Tarutung, Sekda Kab. Humbahas, Kepala OPD, Forkopimcam Kecamatan yang melaksanakan Pilkades, Ketua Panitia dan Pendamping Kepala Desa terpilih dan unsur keluarga para kepala desa yang diperwakilkan masuk aula.


Penulis : Demak Siburian
Editor : R01
Advertisement

  • Sebanyak 85 Kepala Desa Terpilih Dilantik Bupati Humbahas

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x