Iklan

Hadiri Dialog Kebangsaan Haul Gusdur ke-12, Ketua DPRD Batam Ajak Masyarakat Teruskan Sifat Gus Dur

Sabtu, Januari 22, 2022 WIB Last Updated 2022-02-11T15:53:58Z
Advertisement
Ketua DPRD Batam, Nuryanto saat memberikan sambutan di acara Dialog Kebangsaan Haul Gus Dur ke-12. (Ist)

Batam, pelitatoday.com - Ketua DPRD kota Batam, Nuryanto, menghadiri Dialog Kebangsaan Haul Gus Dur ke-12 di Paroki MBPA, Kavling Baru, Kecamatan Sagulung, Batam, pada Jumat (21/01/2022) yang lalu.


Pelaksanaan dialog kebangsaan tersebut dipelopori oleh Organisasi Kepemudaan (OKP) Lintas Antar Agama di Kecamatan Sagulung dan Pemuda Katolik menjadi Tuan Rumah dalam Haul Gus Dur yang ke-12 tersebut.


Dalam sambutannya, Ketua DPRD kota Batam, Nuryanto, mengucapkan selamat dan memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada panitia serta narasumber dari pemuka agama Islam, Kristen, Katolik, Hindu dan Buddha.


Nuryanto mengatakan, sosok Gus Dur merupakan bapak bangsa sekaligus bapak pluralisme yang telah membawa perubahan besar di Indonesia yang berbeda-beda tetapi tetap satu.


“Beliau telah membawa perubahan dan mengajarkan bagaimana hidup berbangsa, bernegara dan mewujudkan demokrasi yang pluralisme dan tidak membedakan satu dengan yang lain,” tuturnya.


Nuryanto yang akrab disapa Cak Nur itu menilai, perjuangan Gus Dur semasa hidupnya kepada bangsa tidak diragukan lagi. Ia mengutip salah satu motto Gus Dur yakni mayoritas harus bisa melindungi minoritas dan yang kuat harus menjaga yang lemah.


“Dan itu diwujudkan oleh beliau, Gus Dur bisa bergaul dan berteman dengan siapa saja tanpa melihat perbedaan suku, agama, ras dan antar golongan. Makanya Gus Dur bisa diterima siapa saja dan beliau mengajari kita menjaga kebhinekaan dan Pancasila,” tuturnya.


Oleh karena itu, Nuryanto mengajak masyarakat untuk meneruskan sifat yang ditunjukkan oleh Gus Dur semasa hidupnya dengan terus menghargai perbedaan untuk menuju Indonesia yang merdeka, berbangsa dan makmur.


“Mudah-mudahan semangat gusdur bisa tertanam di hati kita, NKRI harga mati, Pancasila, siapa kita? Indonesia,” ucap Cak Nur disambut tepuk tangan meriah para audiens.


“Kerukunan kita akan menjadi contoh, menjadikan Batam yang aman, sejahtera. Terimakasih kepada bapak/ibu sekalian, Gus Dur ada di hati kita semua,” tutupnya.


Kegiatan tersebut diikuti secara virtual oleh Puteri Alm. Gus Dur, Alissa Wahid dan dihadiri langsung oleh Uskup Pangkal Pinang, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM beserta pemuka agama dari agama Islam, Buddha, Hindu dan Kristen Protestan.


Selain itu juga hadir Anggota DPD RI, Haripinto dan Anggota DPRD Kota Batam, Dominggus dan Amintas Tambunan. ***

Advertisement

  • Hadiri Dialog Kebangsaan Haul Gusdur ke-12, Ketua DPRD Batam Ajak Masyarakat Teruskan Sifat Gus Dur

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x