Ads Responsif

Iklan

9 Hal yang Enak Dilakukan di Musim Hujan

Sabtu, 18 Desember WIB Last Updated 2021-12-18T12:06:00Z
Ilustrasi dua orang anak anak tersenyum saat berjalan melewati hujan.

Jakarta - Saat ini bisa dibilang sudah memasuki musim penghujan. Setiap harinya terkadang hujan turun dan membuat sinar matahari menjadi redup. Pada musim hujan, tentunya banyak aktivitas yang terganggu karena kendala cuaca. Namun, seharusnya kita tidak perlu khawatir, sebab ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan meskipun musim hujan. 


Di sisi lain, ketika musim penghujan, bukankah lebih baik untuk berdiam diri di rumah saja dan melakukan aktivitas yang nyaman? Ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan loh. Apa saja? Berikut ini hal-hal yang dapat dilakukan untuk membuang rasa bosan saat musim hujan. Yuk simak! 


Membaca Buku 


Membaca buku bisa menjadi kegiatan yang asyik dilakukan saat musim hujan. Coba lihat, buku apa saja yang belum kamu baca padahal sudah membelinya. Membaca buku saat hujan akan lebih nikmat jika ditemani dengan segelas teh hangat atau cokelat panas. 


Menonton Film


Saat hujan tiba, menonton film bisa jadi aktivitas yang menyenangkan. Periksalah daftar film yang sudah lama kamu simpan itu dan langsung saja menontonnya. Pasti akan nikmat sekali rasanya bisa menyaksikan film kesukaan sambil berselimut dan tiduran di atas kasur. 


Supaya lebih asyik, jangan lupa siapkan camilan agar sebagai teman nonton film. Biar tidak sendirian, bisa juga ajak anggota keluarga untuk ikut menonton film bersama-sama. 


Membuat Kerajinan Tangan 


Saat hujan datang, sepertinya asyik juga jika membuat kerajinan tangan. Tidak ada salahnya melakukan aktivitas yang tidak biasa. Jika bingung bagaimana cara membuatnya, tonton saja beragam tutorial yang dapat ditemukan dengan mudah di YouTube. Dengan begitu, kamu bisa menciptakan kerajinan tangan yang unik dengan memanfaatkan waktu saat hujan. 


Yoga


Ketika hujan turun, olahraga bisa jadi kegiatan alternatif yang dapat dilakukan. Salah satu jenis olahraga itu adalah yoga. Dibandingkan tidur, bukankah lebih baik untuk melenturkan otot-otot tubuh?


Yoga bisa dilakukan meskipun kamu berada di rumah. Jika bingung dengan gerakan-gerakan yang harus dipraktekkan, tonton saja video-video di YouTube. Pasti ada banyak yang bisa kamu temui dan contoh. 


Meditasi


Hujan merupakan momen yang tepat untuk kita menenangkan diri. Kamu mungkin sedang tidak memiliki hari yang baik, oleh karena itu pikiran menjadi tidak tenang dan sedikit berantakan. Melakukan meditasi bisa jadi hal yang kamu lakukan saat hujan. Biarkan irama hujan menemani meditasi kamu. 


Meditasi juga memiliki berbagai manfaat loh, seperti mengatas kecemasan, menjaga kesehatan jantung, meningkatkan daya tahan tubuh, sampai meredakan sakit. 


Mendengarkan Musik


Hujan juga bisa jadi waktu yang pas untuk mendengar musik dari band atau penyanyi kesukaan. Lebih baik buat daftar khusus dari lagu-lagu pilihan yang nantinya bisa kamu dengarkan ketika hujan. Asyiknya sih mendengarkan langsung menggunakan headphone, sehingga suara musik tidak terganggu bunyi air hujan. 


Masak dan Makan


Ketika udara dingin, hal yang paling asyik dilakukan adalah makan. Oleh karena itu, masaklah menu favoritmu di rumah dan nikmati bersama keluarga tercinta. Enaknya sih masak menu-menu yang berkuah, seperti sop, tomyam, ramen, atau BBQ. 


Menanam Padi


Baru-baru ini, Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani melakukan aktivitas  menanam padi di area persawahan Sendangmulyo, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Puan sendiri ikut turun ke sawah untuk menanam padi bersama sejumlah petani perempuan di tengah lahan pertanian seluas 6 hektar.


Ada beberapa alasan kenapa para petani menanam padi saat musim hujan. Apakah itu? Ketika musim hujan tiba, kuantitas air menjadi lebih banyak dari biasanya, sehingga tanah pun jadi lebih mudah ditanami padi daripada saat musim panas atau kering.


Tidur


Jika kebingungan mencari aktivitas yang asyik dilakukan saat hujan, tidur bisa menjadi pilihan terbaik. Tidak ada hal yang lebih nikmat dibandingkan bisa tidur ketika hujan turun, sembari menyalakan diffuser dengan aroma lavender. Dijamin tidurmu pasti akan lelap dan terbangun dengan badan yang segar.  (PIS)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • 9 Hal yang Enak Dilakukan di Musim Hujan

Berita Lainnya

Ads Responsif

Ads x