Ads Responsif

Iklan

Presiden Jokowi Resmikan Program Beli Kreatif Danau Toba

Selasa, 23 Februari WIB Last Updated 2021-02-23T09:57:25Z
Foto Istimewa (Dok: Diskominfo Humbahas)


Danau Toba | Sumut
- Presiden RI Ir Joko Widodo meresmikan program Beli kreatif Danau Toba yang digelar secara virtual. Sabtu (20/2) lalu.


Peluncuran tersebut dilaksanakan di Debang Resort Kabupaten Dairi, dengan dihadiri langsung Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, Anggota DPR RI, Bupati sekawasan Danau Toba, dan Sekretaris Daerah sekaligus Pelaksana Harian Bupati Humbang Hasundutan Drs Tonny Sihombing MIP.  


Program #BeliKreatifDanauToba merupakan turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang diluncurkan Kemenparekraf untuk mendorong pelaku dan produk kreatif di Destinasi Super Prioritas Danau Toba, agar dapat bangkit di masa pandemi. 


Dalam sambutannya, Menparekraf berharap dengan peluncuran program Beli Kreatif Danau Toba mampu memulihkan sektor pariwisata dan UMKM dari pandemi Covid-19. 


Berkaitan dengan industri pariwisata dan ekonomi kreatif, Sandiaga ingin semua bangga dengan buatan Indonesia, bangga berwisata di Indonesia, dan membeli produk kreatif Danau Toba.


"Kita bangga, dan berpihak kepada produk ekonomi kreatif lokal. Kita akan lakukan pendampingan, untuk mendukung program ini, kita akan tampilkan di semua platform kita," katanya.


Sementara itu, Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Angela Tanoesoedibjo secara virtual mengatakan, bahwa Danau Toba merupakan daerah pariwisata yang kunjungan wisatawan selalu meningkat. 


Foto Istimewa (Dok: Diskominfo Humbahas)


Hal ini harus dimanfaatkan untuk mengembangkan ekonomi kreatif masyarakat lokal. Melalui program ini, para pelaku UMKM akan diberikan berbagai pelatihan. Mulai dari perluasan akses pasar melalui digital, optimalisasi transaksi, hibah desain hingga bedah gerai.


“Berbagai program secara online maupun offline yang akan diadakan sepanjang tahun 2021," ujarnya.


Perwakilan UMKM Kabupaten Humbang Hasundutan  juga turut serta dalam Grand Launching Beli Kreatif Danau Toba dengan membawa beberapa produk unggulan berupa Batik Humbahas, Humbang Shibori, Tenun Humbang Hasundutan, Batik Humbang serta produk kopi dari Sitalbak Kopi. 


Pada saat kunjungan rombongan Menparekraf ke stand UMKM Humbahas yang disambut langsung oleh Plh Bupati Humbahas, Menparekraf Sandiaga Uno mengapresiasi hasil karya para Artisan (pelaku UMKM) Humbang Hasundutan binaan Dinas Kopedagin dan Dekranasda Humbang Hasundutan. Sebelum beranjak ke stand lain, Menparekraf terlebih dahulu mencicipi secangkir kopi dan menerima cinderamata berupa jaket batik pewarna alami Humbang Shibori.


Grand Launching Beli Kreatif Danau Toba ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, pembatasan peserta, dan wajib membawa hasil pemeriksaan rapid-test antigen. ***


#Diskominfo

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Presiden Jokowi Resmikan Program Beli Kreatif Danau Toba

Ads Responsif

Berita Lainnya

Ads Responsif