Iklan

- Advertisement -

- Advertisement -

Perdana, Bawang Merah Batu Ijo yang Ditanam Presiden Jokowi di Food Estate Humbahas Dipanen

Sabtu, 30 Januari WIB Last Updated 2021-01-30T14:14:31Z
Foto Istimewa (Dok:Diskominfo Humbahas)


Doloksanggul, Pelitatoday.com
- Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melaksanakan panen perdana Bawang Merah Varietas Batu Ijo yang ditanam oleh Presiden Joko Widodo saat melakukan peninjauan perkembangan pembangunan kawasan lumbung pangan (food estate) di Humbang Hasundutan, bulan Oktober 2020 yang lalu.


Gelaran panen perdana Bawang Merah tersebut dilakukan langsung oleh Wakil Bupati Humbahas, Saut Palindungan Simamora ditemani Sekretaris Daerah Humbang Hasundutan Drs. Tonny Sihombing, M.IP. yang bertempat di Desa Ria Ria, Kecamatan Pollung, Lokasi Demfarm Badan Litbang Pertanian. Sabtu (30/01/2021).


Sebelumnya, selain Presiden Jokowi,  peninjauan food estate di Humbang Hasundutan juga dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, Mensesneg Pratikno serta Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.


Dari hasil ubinan didapatkan hasil ubinan bawang merah basah kurang lebih 42,2 ton per Ha, dan berat ubinan bawang merah kering (lokasi) kurang lebih  25 ton per Ha. 


Wakil Bupati Humbahas Saut Palindungan Simamora dalam sambutannya mengatakan, pihaknya sangat berterima kasih kepada bapak Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pertanian dan tim yang telah memberikan perhatian dan dukungan sehingga terlaksanalah acara Panen Bawang Merah Demfarm Balitbang dan juga Kegiatan Pengembangan kawasan Food Estate di Desa Ria Ria Kecamatan Pollung Kabupaten Humbang Hasundutan.


"Pemkab Humbahas sangat mendukung adanya program pengembangan kawasan bawang merah dan kegiatan-kegiatan secara terpadu mulai dari sistem perbenihan, budidaya, pasca panen dan pemasaran yang nantinya diharapkan Kabupaten Humbang Hasundutan akan menjadi daerah pengembangan kawasan food estate berbasis hortikultura di Provinsi Sumatera Utara," kata Saut Palindungan Simamora.


Foto Istimewa (Dok:Diskominfo Humbahas)


Turut hadir dalam acara panen perdana tersebut Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pertanian Dr. Ir. Muhammad Taufiq Ratule, M.Si, Kepala BPTPH Provinsi Sumatera Utara, Dr. Khadijah EL Ramija Lubis , S.Pi, MP, Direktur Sayuran dan Tanaman Obat Kementan RI, Ir. Tommy Nugraha, MM, Kadis Perhubungan Jaulim Simanullang, S.Pd., MM, Kepala Satuan Pol-PP Drs. Edy Hasiholan Sinaga, M.Si, Kadis Kominfo Drs. Hotman Hutasoit dan Jajaran dari Dinas Pertanian Humbang Hasundutan bersama PPL. ***


#Diskominfo

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Perdana, Bawang Merah Batu Ijo yang Ditanam Presiden Jokowi di Food Estate Humbahas Dipanen

Berita Lainnya

- Advertisement -

Ads x